Launching Layanan ERP & ICT Solution PT. Garam (Persero)


Diposting pada 2016-12-29 09:00:33


Foto bersama dalam acara Go-Live ERP



Surabaya 29 Desember 2016 - Pada hari Kamis tanggal 29 Desember 2016 Jajaran Direksi beserta seluruh Eselon dan Karyawan PT. GARAM (Persero) melakukan Sosialisasi Go-Live Layanan Erp & Ict Solution yang bertempat pada Hall PT.GARAM (Persero). Hal ini dilakukan atas kerjasama di bidang IT antara dua BUMN yaitu PT. GARAM (Persero) dan PT.Telkom.

Maksud dan tujuan diadakan sosialisasi tersebut, menurut Dirut PT.GARAM (Persero) A.Budiono adalah "ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sebuah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan meliputi dana, manusia, mesin, suku cadang, waktu, material dan kapasitas yang berpengaruh luas mulai dari manajemen paling atas hingga operasional di sebuah perusahaan agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menghasilkan nilai tambah bagi seluruh pihak yang berkepentingan (stake holder) atas perusahaan tersebut".

Secara implisit aplikasi ERP bukan hanya suatu software semata, namun merupakan suatu solusi terhadap permasalahan informasi dalam organisasi. Enterprise Resource Planning (ERP) dapat didefinisikan sebagai aplikasi sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk mengolah dan memanipulasi suatu transaksi di dalam organisasi dan menyediakan fasilitas perencanaan, produksi dan pelayanan konsumen yang real-time dan terintegrasi.

Lanjut menurut Dirut A Budiono menjelaskan bahwa dengan sinergi BUMN ini akan dapat mengoptimalkan kinerja BUMN yang mengarah pada Business Continuity, Business Sustainability, dan Business Efficiency serta pada akhirnya dapat menjadi model bagi pengembangan sinergi BUMN lainnya.

Sinergi BUMN ini dilatarbelakangi oleh visi pemerintah mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong untuk menuju Indonesia produktif, efisien dan berdaya saing.

Solusi layanan ICT untuk PT Garam meliputi modul ERP (Marketing & Sales, HR, Logistic, Production, Finance serta Dashoard dan Reporting) serta solusi ICT lainnya (Vmachine, jasa manage service dan layanan connectivity).

Sedangkan menurut Budi Sasongko selaku Direktur Produksi mengatkan : "Semangat sinergi BUMN ini diharapkan mampu menjadikan Garam dan Telkom Group bersama-sama menjadi Bigger (Sales & Market Size), Broader (Business Scope) dan Better (Service Quality), yang tentunya akan turut mendukung pemerintah membangun perekonomian Indonesia,"

Acara ini diahadiri oleh seluruh karyawan dan jajaran direksi PT GARAM (Persero) maupun Petinggi Dari PT Telkom, diharapkan dengan adanya penerapan ERP dan ICT di dalam tubuh perusahaan ini mampu mengembalikan masa kejayaan PT. GARAM (Perrsero) dan memberikan nilai lebih bagi stakeholder yang terkait sehingga visi dan misi PT Garam dapat dilaksanakan sebagai cita cita untuk berdaulat garam pada negeri Indonesia.